Bumbu Dapur Untuk Soto Ceker Ayam

soto ceker ayam, bumbu dapur, bumbu soto

Siapa tidak kenal Soto? Masakan kuliner khas Indonesia ini sangat terkenal dengan kuahnya. Hampir setiap daerah di Indonesia khususnya Pulau Jawa mempunyai soto khas daerah masing-masing, seperti Soto Betawi, Soto Banjar, Soto Madura, dan sebagainya. Soto umumnya terbuat dari campuran kuah dari kaldu daging, potongan daging (sapi, ayam, babat, atau jeroan) yang direbus bersama aneka sayuran dan dedaunan serta bumbu rempah yang dahsyat.

Soto juga dikenali dengan potongan-potongan dagingnya sehingga banyak dikenal soto seperti soto ayam, soto sapi, soto babat, dan soto ceker ayam. Untuk bumbu rempah dan bumbu dapur umumnya bervariasi sesuai daerah khas masing-masing.

Bumbu dapur atau bumbu soto sangat beragam. Beberapa soto ada yang diracik bersama bawang putih, serai, lengkuas, daun salam. Ada juga yang bumbunya harus diulek terlebih dahulu misalnya saja bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, dsb. Selain itu beberapa bumbu sebagian ada yang harus ditumis dulu, sebagian lagi tidak sebelum dimasukkan dalam kuah. Sama halnya dengan soto ceker ayam.

Untuk bumbunya sebenarnya sama misalnya saja bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, kemiri, dan sebagainya. Perbedaan terletak pada cara masaknya saja apakah dihaluskan, diulek, atau ditumis. Setiap daerah pasti mempunyai karakter khas. Karakter khas inilah yang membuat soto banyak variasinya.

soto ceker ayam, bumbu dapur, bumbu soto

Untuk kuah dipakai kuah kaldu dari daging yang dipakai. Beberapa soto ada yang menggunakan santan untuk kuahnya. Namun ada juga kuah yang bening tanpa menggunakan santan. Kuah soto biasanya dibuat langsung dengan merebus daging bersama air. Setelah daging empuk barulah bumbu-bumbu dan bumbu dapur dimasukkan. Umumnya diperlukan waktu agak lama ketika merebus agar bumbu, kuah, dan daging menyatu.

Soto ceker ayam menggunakan bahan dasar ceker ayam sebagai daging utamanya. Daging ini direbus bersama kuah dan kaldu agar bumbu lebih meresap. Soto sangat baik disantap selagi hangat bersama campuran soun dan potongan sayuran.

Artikel lainnya : Bahan Dapur

Agar warna lebih gemerlap, mungkin perlu ditambah bumbu dapur berupa kunyit dalam bumbunya agar berwarna kuning dan rasa lebih gurih. Biasanya soto dimakan bersama bumbu pelengkap seperti potongan jeruk nipis, kecap, dan sambal.

Dibaca 1593 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on RedditPrint this page

Tagged: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *