Makanan untuk Memenuhi Nutrisi Ibu Hamil

nutrisi ibu hamil

Nutrisi Ibu Hamil bisa dipenuhi dengan makanan yang penuh gizi dan seimbang. Makanan bergizi tidak harus yang mahal. Makanan yang bergizi dan bernutrisi bisa dipenuhi dengan makanan-makanan sederhana dan murah harganya. Nutrisi bagi ibu hamil harus terpenuhi, selain untuk memenuhi nutrisi ibu hamil itu sendiri, nutrisi yang ibu hamil dapatkan akan disalurkan juga untuk bayi yang ada dalam kandungannya.

Jika kebutuhan nutrisi ibu hamil tidak tercukup, kemungkinan akan terjadi gangguan terhadap kehamilan dan bayi yang ada dalam kandungannya. Dengan demikian, nutrisi ibu hamil harus tercukupi dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut tidak harus dari makanan-makanan yang mahal. Berikut beberapa makanan  yang murah tapi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

  • Telur

Telur mengandung kalori sekitar 90 kalori dalam satu butir telur. Kemudian, dalam telur juga mengandung 12 vitamin, mineral, protein dan kolin. Protein dalam telur berfungsi membentuk sel-sel dalam tubuh sang bayi. Sedangkan kolin berfungsi untuk mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak. Selain itu, dalam telur mengandung omega-3 yang berfungsi untuk penglihatan sang bayi.

  • Kacang-kacangan

Banyak jenis kacang yang memberikan manfaat bagi para ibu hamil, salah satunya adalah buncis. Selain mengandung banyak serat, buncispun kaya akan protein. Protein dalam buncis bermanfaat untuk proses pertumbuhan bayi selama dalam kandungan. Selain itu dalam buncis mengandung zat besi, folat, kalsium dan seng yang bermanfaat bagi pertumbuhan bayi.

  • ¬†Ubi jalar

Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang bermanfaat bagi ibu hamil. Kandungan karotenoid dalam ubi jalar bisa dikonversi menjadi vitamin A. Kelebihan karotenid dalam ubi jalar ini adalah dapat dikonversi menjadi vitamin A apabila dibutuhkan saja. Selain itu, ubi jalarpun mengandung vitamin C, folat dan serat.

  • Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu kebutuhan bagi para ibu hamil dan manfaatnya tidak diragukan lagi karena mengandung banyak vitamin, mineral dan nutrisi lainnya. Dalam sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin A, C dan K serta folat yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Selain itu, sayuran dan buah-buahan murah harganya dan mudah dijangkau.

Dibaca 824 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on RedditPrint this page

Tagged:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *