Makanan yang Perlu dihindari Oleh Ibu Hamil

makanan ibu hamil

Di masa kehamilan, ibu harus bisa menjaga dirinya dengan baik termasuk yang harus dihindari dari makanan ibu hamil. Adanya pantangan makanan yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena banyak hal. Faktor terbesar pastinya kondisi janin yang akan terancam karena kandungan yang ada di dalam makanan itu. Dampaknya bisa saja ibu mengalami keguguran atau lebih parahnya akan mengalami kelainan fisik ketika dia lahir. Tentunya anugerah anak yang dititipkan Tuhan tidak ingin disia-siakan begitu saja bukan?

Makanan yang Perlu dihindari Oleh Ibu Hamil

Dalam menentukan makanan ibu hamil sering kali menjadi dilema. Pasalnya masih banyak ibu yang belum mengetahui makanan apa saja yang berbahaya bagi janin dan tubuh sang ibu. Jadi meskipun makanan merupakan faktor pendukung agar perkembangan janin bisa maksimal, tidak semua makanan bisa dikonsumsi. Beberapa jenis makanan harus dijauhi dan pantang untuk dikonsumsi. Apa saja makanan yang harus dijauhi ibu hamil itu? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Daging Mentah

Gaya makanan ala Jepang seperti sushi yang dimakan dengan daging yang tidak dimasak sampai matang sekarang banyak disukai. Ada banyak pendapat yang mengatakan kalau daging mentah segar akan memberikan nutrisi yang masih komplit. Tapi ketika hamil, makanan itu harus dihindari terlebih dahulu. Daging yang tidak dimasak dengan sempurna mengandung toksoplasmosis yang akan mengakibatkan infeksi pada janin. Ekoli yang ada di dalamnya juga berbahaya bagi sang ibu.

makanan ibu hamil

Daging/Telur yang Kurang Matang

Telur, daging ayam ataupun daging hewan lainnya yang tidak dimasak sampai matang juga tidak boleh dimakan di masa kehamilan. Daging yang tidak dimasak sampai matang seperti daging ayam bisa menjadi pemicu adanya salmonella yang masuk ke tubuh. Ibu akan terserang diare hebat dan itu berdampak buruk bagi janin.

Ikan yang Mengandung Mercuri

Ikan besar yang ditangkap dari laut kadang mengandung kadar mercuri agar tetap segar sampai tangan konsumen. Kandungan mercuri yang masuk ke dalam tubuh, dapat mengakibatkan kerusakan saraf baik itu ibu maupun janin jika dikonsumsi berlebih.

Selain beberapa jenis makanan ibu hamil yang tidak boleh dikonsumsi di atas, keju dari susu kambing juga tidak boleh dikonsumsi karena akan mengakibatkan keguguran.

Dibaca 821 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on RedditPrint this page

Tagged:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *