Resep Sambal Khas Indonesia

resep sambal
gambar: therawwarung.com

Resep sambal merupakan salah satu resep peninggalan nenek moyang kita. Ya, Indonesia merupakan sebuah negara yang dikaruniai oleh berbagai masakan nusantara dan salah satunya sambal. Sambal yang ada di Indonesia memiliki banyak jenisnya. Hampir di setiap daerah dari sabang sampai merauke memiliki sambal khas nusantara, bahkan dalam satu daerah memiliki lebih dari satu varian sambal. Memiliki pengetahuan tentang resep sambal apalagi sambal yang ada di wilayah Indonesia merupakan sebuah anugerah bagi seorang wanita. Apalagi jika suaminya menyukai menu masakan pedas. Sang suami akan merasa sangat senang jika mendapati istrinya menyajikan aneka sambal yang mungkin belum dia rasakan.

Resep Sambal Asli Indonesia

Ada banyak sekali jenis resep sambal yang ada di Indonesia. Untuk mengetahui resep sambal dari berbagai daerah tersebut tidak perlu harus pergi ke daerah tersebut. Karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas resep sambal khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang khas. Apa saja resep sambal asli nusantara itu?

Resep sambal khas Nusantara yang pertama adalah sambal bajak. Ada beberapa bahan yang diperlukan dalam membuat sambal bajak yaitu terasi, tomat merah, bawang merah, cabai merah, minyak goreng, garam secukupnya, air asam jawa secukupnya, serta gula merah secukupnya. Cara membuatnya tumis terlebih dahulu beberapa bahan yaitu cabai merah, tomat dan bawang merah sampai layu. Setelah layu haluskan dengan ulekan kemudian masukkan terasi yang sudah diserai, gula merah dan garam sesuai dengan selera. Hancurkan semua bahan dan siramkan air asam jawa ketika menghaluskan. Resep sambal bajak selesai dibuat dan siap disajikan. Sambal bajak enak dinikmati dengan ayam bakar atau ayam goreng.

Resep sambal yang kedua adalah sambal dabu-dabu. Siapkan beberapa bahan seperti 1 tomat segar, 10 cabai rawit, 5 siung bawah merah, 1 buah jeruk nipis, garam dan gula secukupnya serta penyedap rasa sesuai selera. Panaskan minyak goreng dan selama menunggu panas, potong kecil-kecil semua bahan. Setelah panas siramkan minyak panas tersebut ke bahan yang sudah diiris kecil-kecil. Sentuhan terakhir peras jeruk nipis dan siramkan di atasnya. Sambal dabu-dabu siap dihidangkan. Kedua resep sambal khas nusantara di atas semoga dapat membantu para wanita mendapatkan inspirasi membuat sambal yang berbeda.

Dibaca 833 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on RedditPrint this page

Tagged:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *