Cara Mencuci Udang yang Bikin Jadi Lebih Lezat

Ketemu kembali, para pencinta makanan. Bagi Anda, pencinta seafood, tidak ada salahnya jika sekali-kali mengonsumsi udang yang tinggi akan protein sebesar 41% serta vitamin B12 yang menjadi nutrisi untuk memproduksi sel darah merah. Di balik bentuknya yang bungkuk, rasanya pun dijamin sangat lezat. Sebelum mengolah bahan makanan yang bungkuk satu ini, perhatikan cara mencuci udang sebelum diolah menjadi makanan yang super lezat.Semua masakan yang menggunakan bahan udang sudah pasti akan menggoyang lidah, khususnya bagi penggemar seafood. Sebelum dimasak, udang harus dibersihkan terlebih dahulu supaya semua kotoran terbuang, karena jika tidak dilakukan dengan hati-hati maka bisa berakibat fatal. Jika cara mencuci udang sudah salah, maka udang pun menjadi tidak enak, karena tekstur udang sangat lembut.

Jika Anda belum tahu cara mencuci udang yang benar, jangan khawatir. Caranya tidak begitu sulit selama Anda mengetahui langkah-langkahnya. Berikut ini adalah cara mencuci udang yang benar.

Cara Mencuci Udang

Memilih udang segar

Ketika membeli udang di tempat terpercaya, pastikan pilih udang yang masih segar lalu cuci bersih udang yang ingin Anda olah.

Rendam dalam air panas

Setelah dicuci bersih, selanjutnya masukkan udang tersebut ke dalam wadah lalu siram dengan air panas hingga warna kulit udang menjadi agak kemerah-merahan atau sekitar 3 menit. Air panas tadi bisa Anda buang.

Kupas kulit

Belah kulit udang dengan mengiris bagian kulit udang kira-kira setengah centimeter. Lalu tarik isi perut udang keluar, bentuknya seperti rangkaian tali yang berwarna hitam-hitaman.

Cuci bersih

Inilah langkah terakhir, cara mencuci udang, cuci bersih udang yang tadi Anda kupas untuk menghilangkan berbagai kotoran yang masih menempel di badan udang. Jika sudah, maka udang-udang tersebut bisa langsung diolah dan dimasak sesuai keinginan atau mungkin permintaan keluarga dan kerabat. Namun, bila Anda ingin memasaknya untuk nanti atau esok hari maka simpanlah udang-udang tersebut di dalam freezer. Sebelumnya dimasukkan dahulu ke dalam kantong plastik yang bersih.

Selamat mencoba!

Dibaca 775 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on RedditPrint this page

Tagged:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *