Jurus Ini Bisa Bikin Ketupat Tak Cepat Basi

solusimasak-Jurus Ini Bisa Bikin Ketupat Tak Cepat BasiHari raya Idul Fitri tak lama lagi akan kita jelang dengan penuh kebahagiaan. Hari kemenangan biasanya di Indonesia sangat identik dengan sajian ketupat yang khas dan hanya dimasak semua orang saat hari raya Idul Fitri. Namun membuat ketupat tidaklah mudah, kita harus menganyam janur menjadi kuit ketupat (kini kita sudah bisa membeli yang sudah jadi). Memasak ketupat juga membutuhkan waktu yang lama yakni sekitar 3 sampai 4 jam dengan tingkat kematangan yang sempurna. Karena jika tidak matang secara sempurna, ketupa akan cepat basi. Ketupat yang dibuat secara alami dan sempurna dapat tahan hingga 2 sampai 3 hari.

Caranya agar ketupat tak cepat basi?

Saat mencuci beras untuk ketupat, bisa menggunakan kapur sirih ke dalam beras agar lebih kenyal dan awet. Atau setelah ketupat matang, jangan biarkan ketupat dalam kondisi udara yang lembab. Anginkan ketupat dengan cara menggantungnya di tempat terbuka. Dengan cara ini apabila ketupat benar-benar kering malah bisa bertahan hingga 4 hari lho. Anda juga bisa mencelupkan ketupat ke dalam air dingin sebelum menggantungnya.

Setelah digantung, masa simpan ketupat bisa diperpanjang lagi dengan membungkus ke dalam plastik dan taruh di kulkas, dengan cara ini ketupat bisa tahan hingga 4 sampai 7 hari. Ketika hendak disantap kembali, keupat dikukus dulu selama 30 menit.

Saat menyantap ketupat usahakan disesuaikan dengan jumlah porsi yang disajikan agar langsung habis karena jika ketupat sudah dikupas tetapi tidak habis akan menyebabkan ketupat cepat basi. Selamat mencoba

Dibaca 1166 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on RedditPrint this page

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *