Kenali Brokoli saat Memilih

solusimasak-Kenali Brokoli saat Memilih

Sayur berjenis kubis-kubisan yang bernama brokoli ini dapat diolah menjadi beragam hidangan lezat baik mentah maupun matang. Sayuran brokoli mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti provitamin A, asam folat, kalsium, dan vitamin C. Tapi sayangnya brokoli memiliki kekurangan yaitu mudah rusak dan tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama. Untuk dapat memilih brokoli yang berkualitas, Anda perlu memahami tipsnya sebagai berikut:

  • Pilihlah brokoli yang kering, karena air yang terdapat disela-sela kuntum brokoli akan susah keluar. Hal ini dapat menyebabkan brokoli akan mudah busuk selama disimpan. Jika Anda terlanjur memilih brokoli yang kurang kering, Anda dapat mengibaskan brokoli untuk mengeluarkan air pada sela-sela kuntum brokoli, lakukan berulang-ulang sampai brokoli benar-benar kering.
  • Pilihlah kuntum brokoli yang masih kuncup dan padat dengan warna hijau gelap.
  • Jangan memilih brokoli yang memiliki bercak hitam atau kekuningan. Bercak tersebut bisa disebabkan oleh kotoran, layu, atau titik busuk. Amati juga bekas potongan dipangkal batang brokoli untuk mengetahui apakah batangnya busuk atau tidak.
  • Untuk memastikan kesegaran brokoli tekan bagian atas brokoli dengan ujung jari, jika brokoli dalam keadaan segar maka batangnya masih keras.
  • Perhatikan aroma brokoli untuk memastikan brokoli tidak busuk.

Dibaca 800 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on RedditPrint this page

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *