Masak Jadi Hemat Gas Elpiji Berkat Tips Ajaib Ini

tips hemat gas elpiji

Tepat tanggal 1 Januari 2014 sepertinya para ibu rumah tangga kaget karena mendapat ‘kado’ awal tahun yang tidak mengenakkan. Yup, kado tersebut berupa kenaikan harga Elpiji 12 kilogram yang menjadi bahan bakar utama masak memasak para ibu rumah tangga di Indonesia. Kenaikan gas Elpiji ini tidak tanggung-tanggung yaitu sekitar 50% dari harga semula. Awalnya harga gas Elpiji 12 kilogram sekitar Rp 90.000 per tabung, setelah kenaikan terjadi harganya menjadi Rp 140.000 per tabung.

Dampak kenaikan Gas Elpiji ini pasti sangat terasa. Gas Elpiji telah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang mau tidak mau harus dipenuhi. Begitupun dengan harga makanan jadi diwarung-warung yang juga ikut-ikutan naik.

Tips mensiasati gas Elpiji agar irit

Daripada pusing memikirkan harga gas Elpiji yang sudah pasti naik dan entah kapan akan turun kembali lebih baik kita gunakan cara pemakaian sebijak mungkin agar gas Elpiji irit. Sebenarnya tekanan gas Elpiji di dalam tabung itu cenderung bersuhu dingin yang bisa disesuaikan dengan kondisi rumah Anda.

Sebaiknya tempatkan tabung Elpiji tidak langsung menyentuh tanah atau lantai dapur Anda. hal ini disebabkan suhu gas yang dingin, gas didalamnya bisa berubah menjadi es sehingga ketika akan dipakai akan membuat gas sulit terbakar dengan baik. Inilah yang menyebabkan gas akan banyak terbuang.

Selanjutnya gunakan alas isolator dibawah tabung gas sebagai bantalan atau sekat antara tabung dan lantai dapur. Alas tersebut bisa menggunakan berupa kayu atau yang paling baik menggunakan stereo foam sebagai bantalannya.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan bagaimana tips mensiasati tabung gas Elpiji agar irit dan ternyata caranya cukup mudah dengan cukup menggunakan barang-barang sederhana maka Anda sudah bisa melakukan tips ini. selamat mencoba dan silakan berkomentar atau sekedar berbagi resep masak melalui komen di blog saya ini ya.

Dibaca 1425 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on RedditPrint this page

Tagged: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *