Tips Membuat Bolu Kukus Agar Tidak Bantet

Tips Membuat Bolu Kukus Agar Tidak Bantet

Membuat bolu kukus sebagai makanan cemilan untuk keluarga merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan. Apalagi bisa melibatkan anggota keluarga lain seperti buah hati. Mengenalkan mereka kepada aktivitas memasak sangatlah bagus untuk menumbuhkan minatnya terhadap memasak. Lalu, bagaimana ya agar bolu kukus yang dibuat tidak gagal dan bantet?

Tips Membuat Bolu Kukus Agar Merekah

Dalam membuat bolu kukus agar bisa merekah sempurna, kita harus memperhatikan beberapa langkahnya. Yang pertama kita harus memperhatikan ukuran bahan sesuai dengan yang tertulis di dalam resep. Jangan sekali-kali melakukan penambahan takaran jika tidak ingin kecewa pada akhirnya. Pilihlah bahan-bahan berkualitas baik.

Jika yang tertulis dalam resep menunjukkan tepung terigu yang digunakan adalah dari protein sedang, jangan mengantinya dengan tepung terigu jenis lain. Gunakan susu cair ataupun soda manis agar bolu kukus bisa merekah sempurna. Pastikan adonan akhir dari campuran berbagai bahan tercampur sempurna dengan tekstur kental. Sebagai pertanda apakah adonan sudah kental atau belum, bisa diperhatikan dari warna akhir adonan itu. jika berwarna putih bisa dipastikan adonan sudah  kental.

Membuat bolu kukus agar merekah sempurna bisa juga dilakukan dengan memperhatikan cetakan yang digunakan. Gunakan cetakan khusus untuk bolu kukus yang terbuat dari palstik atau aluminum. Ketika mengisi adonan ke dalam cetakan, pastikan mengisinya dengan penuh dan atur posisinya dengan baik ketika di dalam kukusan. Dari segi mengukusnya, kita harus memastikan bahwa suhunya berada di angka pas. Pastikan juga panasnya tetap stabil. Jika panasnya tidak stabil, bolu tidak bisa mengembang dengan sempurna. Di bagain tutupnya, lapisi dengan plastik atau kain agar uap tidak menetes ke bawah yang membuat adonan basah. Setelah adonan matang, segera angkat dan dinginkan. Itulah beberapa tips agar proses membuat bolu kukus bisa memgembang dengan sempurna.

Tips Membuat Bolu Kukus Agar Tidak Bantet

Dibaca 2827 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on RedditPrint this page

Tagged:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *