Trik Sederhana Menguasai Dapur!

Trik Sederhana Menguasai Dapur!

Untuk sebagian orang, dapur adalah tempat yang bisa membawa bencana. Tipe orang-orang ini adalah mereka yang pengetahuannya soal bahan makanan dan trik memasak sangatlah minim. Padahal, dapur adalah tempat yang menyenangkan untuk berkreativitas. Anda bisa mencoba berbagai resep baru dan berinovasi tiada henti dengan bahan-bahan yang ada di kulkas atau lemari dapur anda.

Nah, ada beberapa tips sederhana yang bisa anda terapkan agar anda cepat menguasai dapur anda dan berbagai teknik dasar memasak. Silakan disimak!

1. Mengiris Bawang Tanpa Menangis

Ada beberapa cara efektif yang dapat anda terapkan untuk menghindari air mata yang menetes saat mengiris bawang. Yang perlu anda ketahui di sini, bawang dapat menyebabkan anda menangis karena adanya enzim yang dilepaskan saat bawang diiris. Uap dari enzim inilah yang dapat menyebabkan mata anda berair. Cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan pisau yang cukup tajam. Bilah pisau yang tajam dapat mencegah sel yang mengandung enzim tersebut hancur dan melepaskan enzim itu. Anda juga bisa memotongnya di dekat air panas yang mengguarkan uap. Uap ini dapat menghilangkan hawa dari enzim bawang dan memudarkannya.

2. Mengiris dengan Aman

Jaga jari-jari anda agar tetap tertekuk ketika menahan bahan makanan yang anda iris. Sesuaikan dengan gerakan pisau. Perhatikan jarak antara jari dan pisau anda dan mulailah memotong. Jagalah jarak tersebut dan usahakan agar ujung pisau tidak meninggalkan talenan. Hal ini bisa membuat hasil potongan anda lebih rapi dan meminimalisir kemungkinan jari anda terluka. Anda tidak perlu menggerakkan pisau anda terlalu cepat ketika memulai memotong pada saat-saat awal. Kecepatan akan datang dengan sendirinya seiring dengan anda semakin terbiasa menangani pisau dan semakin dekat anda dalam menguasai dapur anda sendiri.

3. Membersihkan Wajan

Ketika anda memasak sesuatu yang mengandung gula seperti membuat karamel, menumis bumbu, atau bahkan memasak nasi goreng, akan ada kerak yang terbentuk di dasar wajan. Hal ini lumayan sulit untuk dibersihkan. Cara termudah untuk membersihkan kerak tersebut adalah dengan menuangkan air hangat ke wajan yang masih panas. Hidupkan api sedang, lalu biarkan air tersebut mendidih secara perlahan sambil terus diaduk dengan menggunakan spatula. Air panas ini akan membuat kerak di wajan melunak dan lebih mudah untuk dibersihkan. Jika kerak-kerak tersebut dirasa sudah lepas.

Baca Juga:Bahan Dapur Pembersih Peralatan Dapur

4. Baking Soda Bisa Membuat Cangkir Anda Tampak Baru

Baking soda atau sodium bikarbonat adalah bahan dapur yang sangat serbaguna. Buatlah pasta yang terbuat dari tiga bagian baking soda dan satu bagian air. Oleskan pasta tersebut pada permukaan cangkir yang terkena noda teh atau kopi. Diamkan selama beberapa saat lalu seka dengan spons dan bilas dengan menggunakan air dan sabun.

5. Sendok Kayu Bisa Mencegah Air Rebusan Melimpah Keluar

Letakkan sebuah sendok kayu secara melintang di atas panci jika anda sedang merebus sesuatu. Hal ini dapat mencegah air rebusan dari meluap tumpah dari dalam panci. Mengapa? Hal ini dikarenakan posisi sendok di atas panci yang dapat memecah konsentrasi gelembung didih sehingga memungkinkan uap dari rebusan mengguar keluar.

Nah, cukup sederhana bukan? Silakan mencoba trik-trik di atas dan rasakan sendiri betapa mudahnya menguasai dapur dan berinovasi dengan resep-resep terbaru.

Dibaca 425 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on RedditPrint this page

Tagged: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *